Tuesday, January 8, 2013

Pribadi Yang unggul Menurut Al-Qura




Pada kesempatan yang baik ini saya akan mengangkat 3 ayat dalam Al-Qur'an yang diterangkan oleh Allah dalam ayat yang berbeda tetapi mempunyai satu sudut persamaan yaitu tentang bagaimana menjadi pribadi yang unggul.
 Yang pertama Anda bisa lihat di dalam Al-Qur'an surah at-Tiin ayat 4, "Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia den gan penamplian terbalk"
Di dalam bahasa Arab kita mengenal ada ungkapan yang disebut dengan istilah isim tafdhil, satu kata benda yang berfungsi untuk membuat tingkatan-tingkatan. di dalam bahasa Arab kita mengenal hanya dua tingkatan. Baik dan terbaik. Baik -dalam bahasa Arab disebut hasan sedangkan terbaik disebut ahsan. Dan uniknya, di dalam ayat ini Allah tidak menggunakan istilah hasan tetapi Allah menggunakan istilah ahsan dan itu artinya adalah the best. Bukan sekadar baik tetapi the best, dari surah at-Tiin ayat 4 ini Allah menciptakan manusia, menciptakan saya, menciptakan Anda, dan menciptakan kita semua dengan bentuk yang paling baik, bukan sekadar bentuk yang baik tapi bentuk yang terbaik jadi sebagi rasa syukur kita kepada tuhan kita semestinya melakukan apa yang disebut   the best appearance, penampilan yang terbaik bukan hanya dari penampilan wajah tetapi sikap dan tingkah laku kita harus berpenampilan yang terbaik Seperti Posisi Tubuh dan ekspresi wajah bias menggambarkan sesorang yang memiliki the best appearance.
Kemudian yang kedua di dalam Qur'an surah Fushshilat ayat 33, "Siapa yang paling baik perkataannya dari seorang yang menyeru kepada Allah, men gerjakan amal yang saleh, dan berkata,'Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim)."
Di dalam ayat tersebut terkandung bahwa pribadi yang baik itu memiliki attitude yang terbaik atau the best attitude. Bukan hanya berpenampilan yang terbaik kita juga harus bersikap yang terbaik sebagaimana seruan alloh dalam Qur'an surah Fushshilat ayat 33. Sikap terbaik disini terdiri dari dua hal yang pertama orang yang mempunyai sikap terbaik selalu berpikiran positive yaitu bagaimana kita memandang setiap peristiwa dari sisi yang tepat atau positive thinking, Contohnya seorang juru photo walaupun obyek yang diphotonya bagus belum tentu hasil nya bagus karena di sini yang jadi kekuatan adalah angel atau sudut pandang . Disini lah pentingnya kita memandang sesuatu dari posisi yang tepat. Itulah yang dikatakan alloh swt di dalam al-quran surat al Imran ayat 191
“Ya tuhan kami, tiadalah engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Mahasuci engkau , maka peliharalah kami dari siksa neraka.”
Yang kedua orang yang memiliki attitude yang terbaik adalah bersipat proaktif . pada umumnya  ketika kita di landa musibah bukan tidak mungkin kita secara emosional  menghadapi musibah tersebut tapi beda dengan orang yang berpikir proaktif , ketika dilanda musibah  mereka tidak akan langsung  memberikan respon secara emosional  mereka akan menggunakan hati nurani , cara bepikirnya , dan kedewasaanya untuk menghadapi berbagai macam persoalan. Jadi kesimpulan dari ayat alquran surah Fushshilat ayat 33 kita harus memiliki sikap yang tebaik dalam kehidupan tidak di dorong oleh nafsu dan emosional.
Dan yang ketiga menjadi pribadi yang baik menurut al-quran  surah al-Mulk ayat 2, "(Dialah Allah) yang menjadikan matl clan hldup supaya Dia men guji kamu, siapa dl antara kamu yang paling balk amalnya. Dia Maha Pengampun lagi Mahaperkasa."
Disini alloh tidak mengatakan aktsaru amala. Disini yang ditekankan bukan kepada kuantitas perbuatan kita tetapi kepada kualitas perbuatan kita . itu yang disebut Thebest achievement  mempunyai  prestasi yang terbaik, jadi dalam ayat tersebut alloh menekankan kita memiliki prestasi dari segi kualitas amal kita bukan dari banyak nya amal kita. Dari itu alloh memerintahkan kita supaya menjadi orang yang di atas rata-rata bukan hanya rata-rata. 
Dari tiga ayat alqur’an tadi dapat di simpulkan menjadi pribadi yang unggul itu harus mempunya tiga hal yaitu:
1.       the best appearance ( berpenampilan yang terbaik)
2.       The best attitude ( Sikap yang terbaik)
3.       The best achievement (  Prestasi yang terbaik)
Moga- moga kita menjadi pribadi yang unggul.

No comments:

 

Popular Posts

Followers

 

About Me

Templates by simple | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger