Dalam Manajemen Koperasi Perencanaan strategis adalah pengambilan
keputusan saat ini untuk koperasi yang akan dilakukan pada masa datang.
Pengambilan keputusan dalam organisasi Koperasi Indonesia harus
mempertimbangka Sumber daya, kondisi saat ini serta peramalan terhadap
keadaan yang mempengaruhi koperasi dimasa yang akan datang.Kita Bisa
ambil Contoh Kondisi saat ini disini dan disini
Untuk melakukan
perencanaan Strategis dalam koperasi maka pengurus koperasi harus
memperhatikan 4 aspek penting yaitu masa depan dan peramalanya, aspek
lingkungan baik internal atau eksternal, target kedepan dan terakhir
strategi untuk pencapaian target.
Organisasi Koperasi seacara
kelembagaan harus mempunyai perangkat organisasi koperasi yang menjadi
sarana dalam pencapaian tujuan koperasi. Perangkat fundamental dalam
perencanaan strategis yang kemudian menjadi kelengkapan organisasi yang
wajib ada adalah parameter-parameter idialisme dasar seperti; visi,
misi, goal, objektif,
Untuk mempercepat percapaian Renstra koperasi diperlukan:
- Spesific ( kekhususan)
- Measurable ( Terukur)
- Achieveable ( Dapat dicapai)
- Rationable ( Rasional, dapat dipahami)
- Timebound ( Ada limit/batas waktu)
Bagimana cara menyusun Renstra Koperasi
Renstra koperasi pertama kali kita rumuskan dengan 3 menjawab pertanyaan mendasar:
1. Dimana koperasi kita saat ini berada, dan akan kemana arahan koperasi kita?
2. Kemana tujuan koperasi kita, ingin pergi kemana koperasi kita.?
3. Bagaimana atau dengan apa koperasi kita pergi atau mencapai tujuan tersebut?
Setelah
kita berhasil mejawab ke 3 pertanyaan diatas kita akan melakukan
evaluasi organisasi koperasi dengan menggunakan Analisa SWOT.
secara terperici tahapan menyusun Renstra koperasi adalah sebagai berikut.
Melakukan Analisa SWOT untuk koperasi Kita
Perumusan
SWOT ditujukan sebagai dasar pembuatan strategi. Analisa SWOT adalah
pola evaluasi yang mengklasifikasikan kondisi koperasi dengen SWOT yaitu
Streght ( Kekuatan) Weakness ( Kelemahan koperasi Kita ) Oportunity (
Peluang Koperasi kita) dan threat ( ancaman pada Koperasi ) . Pengurus
harus mengkalsifikasikan hal2 ditas menjadi sebuah tabel yang kemudian
dijadikan dasar sebagai pengambilan keputusan dalam renstra
koperasi.Seorang pengurus koperasi harus paham betul kondisi
koperasinya, Pengurus harus mampu melakukan forecasting atau peramalan
kondisi kedepan. Dari forecasting ini kemudian di rumuskan asumsi-asumsi
yang relevan. Dari pemetaan kondisi dan permalahan inilah kemudian di
rumuskan analisi SWOT Koperasi. Proses pertama yang harus dilakukan
adalah evaluasi diri, dari sini akan ditemukan "strengths" dan
weaknesses serta sumberdaya organisasi. Kemdian analisa kondisi
eksternal, seperti kondisi pasar, social, ekonomi dan budaya akan
meminculkan opportunities dan threats
Menentukan target Koperasi.
Setelah
analis SWOt koperasi selesai dilakukan langjah berikutnya adalah
menntukan target. Fase ini merupakan salah satubagian terpenting dari
penyusunan strategi koperasi. Target ini diperoleh dari proses telaah
realistis terhadap analisa SWOT yang telah ditentukan sebelumnya dan
target koperasi harus diyakini oleh seluruh komponen organisasi
koperasi, bahwa koperasi mampu mencapainya.
Perumusan Strategi Koperasi
Fase
ini adalah upaya penyusunan siasat untuk menyelesaikan permasalahan
koperasi sekaligus cara untuk pencapaian target koperasi.
Hasil
Renstra Koperasi biasanya berupa Garis-Garis Besar program Kerja ( GBPK )
Koperasi yang juga harus disertai dengan Perencanaan Anggaran
Pendapatan dan Belanja Koperasi ( APBK) hasil perumusan Renstra akan
dibaha dan Disahakan di RAT
Beberapa hal yang harus ada dalam penyusuna renstra atau laporan renstra
Sebagai berikut:
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB I
A. Latar Belakang
B. Visi Dan Misi
C. Struktur Kepengurusan
D. Akuntansi Dan Pembukuan
E. Jenis Produk
BAB II
A. DESKRIPSI UMUM
1. Definisi
2. Tujuan
3. Prinsip
4. Pembukuan
5. Bagi Hasil
6. Peran
7. Badan Hukum
BAB III
A. RENCANA STRATEGI
1. Recruitment And Qualification Plan
2. Market Plan
3. Financial Plan
4. Internal Business Process Plan
5. Customer Satisfaction Plan
6. Learn And Growth Plan
7. Activity Plan
BAB IV
A. SARAN &PENUTUP