Friday, August 10, 2012

Tips Cara Agar Tidak Lupa Niat Puasa Ramadhan di Malam Hari Sebelumnya


Di bulan puasa yang suci umat muslim menjalankan ibadah puasa sebulan penuh untuk menunjukkan serta meningkatkan ketakwaannya kepada Allah SWT. Dalam ajaran islam ibada puasa dikerjakan sejak shubuh (matahari terbit) hingga maghrib (matahari terbenam). Jangka waktu puasa berbeda-beda di setiap tempat tergantung posisi matahari. Sebelum puasa kita harus melakukan niat untuk puasa agar ibadah itu diterima Allah SWT.
Masalahnya adalah manusia itu adalah makhluk yang bisa lupa. Supaya tidak lupa berniat untuk puasa selama bulan ramadan ada baiknya kita selalu membaca niat puasa untuk esok hari (hari yang sama pada sistem kalender hijriah) setelah membaca doa berbuka puasa. Dengan begitu kita tidak akan lupa berniat puasa sebelum menjalankan ibadah puasa. Berikut di bawah ini adalah doa setelah puasa kita batal oleh air minum kita setelah adzan maghrib berkumandang serta niat puasa romadhon di hari berikutnya :
Bacaan Doa Berbuka Puasa Sesuai Hadist Shahih (dibaca sesaat setelah berbuka puasa) :
Dzahabadh dhoma-u wabtallatil 'uruq wa tsabatal ajru insyaa Alloh
Arti doa berbuka puasa : "Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah."
Bacaan Doa Berbuka Puasa Populer (dibaca sesaat setelah berbuka puasa) :
Allohumma lakashumtu wabika amantu wa’ala rizqika afthortu
Artinya : "Ya Allah, aku berpuasa untukmu, dan aku beriman kepada, dan dengan rizkimu aku berbuka"
Bacaan Niat Puasa di Bulan Ramadhan :
Nawaitu shoumagodin an'ada-i fardi syahri romadhoona hadzihissanati lillahita'aala
Arti niat puasa ramadhan : "Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa pada bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Taala."
Selamat menunaikan ibadah puasa semoga tidak ada lagi puasa kita yang sebelumnya lupa belum niat untuk ibadah puasa. Jangan lupa membaca basmalah sebelum membatalkan puasa kita. Semoga puasa kita diterima Allah SWT dan kita semua menjadi orang yang bertakwa. Amin, terima kasih.

No comments:

 

Popular Posts

Followers

 

About Me

Templates by simple | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger