Sunday, August 19, 2012

Cara membuat Data Base dan aplikasi sederhana di Microsoft access


Cara membuat Data Base dan aplikasi sederhana di Microsoft access
Di hari yang fitri ini dalam masa liburan gak ada yang bias di kerjakan,, ya iseng2 aja membuat database dari Microsoft access moga bermanfaat hee,,, mungkin semuanya udah bias kalo membuat database dari access tapi ini Cuma iseng dari aku yang masih newbie …  moga bermanfaat..
Mari kita mulai……
sebelum mulai belajar jangan lupa berdo’a dulu kemudian tanamkan pada diri kita bahwa microsoft access itu gampang dan sangat mudah untuk dipelajari. Kuatkan keyakinan kita bahwa kita dapat menguasainya.
Di dalam Microsoft Access ada apa aja sich ?
a. Table digunakan untuk menyimpan data
b. Query digunakan untuk memanipulasi data
c. Form digunakan untuk frontend aplokasi. Biasanya untuk menampilkan data, menambah data dll
d. Report digunakan untuk membuat laporan
e. Macro digunakan untuk melakukan satu atau beberapa fungsi
f. SwitchboardMungkin di sini saya akan membuat data base, query, dan from yang lain nya di postingan berikutnya ea,, hee..


1.      Pertama buka dulu Microsoft access kalian,, dan klik blank data base , kemudian  di file name .  isikan nama sesui keinginnan kalian di sini saya buat data counter HP lalu tekan tombol create.

2.      Selanjutnya klik view, Design View dan beri nama tabel yang akan anda buat disini saya beri nama TBL_Barang lalu oke.

3.      Isi field name, data type, dan descriftion sesuai dengan kebutuhan anda, di sini saya sudah isi dengan data yang saya akan buat,,, dan field size nya bias anda rubah sesui ,kengingan primary key nya terserah anda ,, field size = maximum karakter yang anda ingin lihat.. atau buat terus save.


4.      Selanjutnya double klik di TBL_Barang terus isi Kode Barang, Jenis Barang, Harga, dan Stoke yang tadi di buat,, Jangan Lupa DI Save ea,,, :D
Selesai deh membuat data base kita,,, setelah itu tinggal membuat Query, From dan report di postingan selanjut nya ea,, kalo ada pertanyaan silakan koment aja insyaalloh saya jawab.. udah dulu ea,, gue mau lebaran lagi hehehehe,,, Masih banyak makanan wkwkwk :D…..!!!!

Vans,,,, 

7 comments:

Unknown said...

lanjutannya mana ini om?

Unknown said...

maaf gan lanjutanya belumm update soalnya masih sibuk kerjaan,,,, ntar deh saya update,, :D ,, dari data base ini bisa kok di gabungin sama vb yang saya posting tinggal diatur link nya aja,, gan,,

pemeliharaan mesin said...

keren

cleaning services said...

bagus

plaque therapy said...

semoga bermanfaat

belajar forex said...

tips yang bagus

review jujur said...

waduh belaum selesai ya gan... tambah gak paham neh ane :D

 

Popular Posts

Followers

 

About Me

Templates by simple | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger